Tumbuhan berdasarkan fungsi,, “minuman”

TUGAS III

DESKRIPSI TUMBUHAN BERDASARKAN FUNGSI

“TANAMAN MINUMAN”

Dosen pembimbing :

Drs. Sulisetjono

Ainun Ni’matil Laily, M. Si

Oleh

Kelompok 5 :

  • Fatimatuz Zahro’ (10620051)
  • Durroyun Yatimah (10620069)
  • Nurun Nihayah (10620073)
  • Farhan Afriansyah (10620099)

Jurusan Biologi

Fakultas Sains dan Teknologi

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

2012

1.      Teh (Camellia sinensis)

Kingdom Plantae

Divisio Magnoliophyta

Classis Magnoliopsida

Ordo Theales

Familia Theaceae

Genus Camellia

Species Camellia sinensis L.

  1. Habitat

Dapat tumbuh di daerah tropis maupun subtropis.

  1. Habitus

Tanaman perdu, dengan tinggi 5 cm – 10 cm.

  1. Deskripsi akar

Akarnya berupa akar tunggang yang berwarna putih kotor.

  1. Deskripsi batang

Batangnya berupa kayu berwarna coklat kehijauan yang tumbuh tegak dan bercabang-cabang dengan ujung ranting berambut.

  1. Deskripsi daun

Daunnya merupakan daun tunggal dengan warna hijau, yang tersebar dan kaku dengan bentuk elips yang ujung serta pangkalnya meruncing. Tepi daunnya bergerigi dengan panjang 12 cm – 14 cm dan lebar 3,5 cm – 4,5 cm. Pertulangan daunnya menyirip.

  1. Deskripsi bunga

Bunga berwarna putih dengan diameter 3 cm – 4,5 cm. Kelopaknya berbentuk mangkok berwarna hijau, dengan benang sari yang membentuk lingkaran. Pangkalnya menyatu dan melekat pada daun mahkota. Bagian dalam terpisah dengan tangkai sari yang panjangnya ± 1 cm berwarna putih kekuningan dan kepala sari berwarna kuning. Tangkai putiknya bercabang tiga dengan panjang ± 1 cm yang berwarna hijau kekuningan. Mahkota bunga berwarna putih yang berbentuk bulat dan tidak berbulu dengan pangkal yang berlekatan.

  1. Deskripsi buah

Buahnya berbentuk hampir kotak dengan tekstur yang keras. Diameter buah ± 23 cm, dimana ketika masih muda berwarna hijau dan ketika tua berwarna coklat kehitaman.

  1. Deskripsi biji

Biji dari Camellia sinensis ini berdiameter ± 1,5 cm, yang ketika masih muda berwarna kuning muda dan setelah tua berwarna coklat.

  1. Manfaat

Selain digunakan untuk membuat teh, umumnya dipakai sebagai obat diare dan

pening.

2.      Cokelat (Theobroma cacao)

Kingdom Plantae

Divisio Spermatophyta

Classis Dicotyledoneae

Ordo Malvales

Familia Sterculiaceae

Genus Theobroma

Species Theobroma cacao L.

  1. Habitat

Habitat aslinya dadalah hutan tropis dengan curah hujan yang tinggi dan kelembapan yang tinggi dan relatif tetap.

  1. Habitus

Herba

  1. Deskripsi akar

Memiliki sistem akar tunggang yang akar lembaganya tumbuh terus menjadi akar pokok yang bercabang-cabang menjadi akar0akar yang lebih kecil. Akar tunggan ini berbentuk kerucut panjang yang tumbuh lurus ke bawah dan bercababg-cabang banyak.

  1. Deskripsi batang

Batang berkayu yang umumnya keras dan kuat yang bercabang jauh dari tanah. Bentuk batangnya bulat dengan bagian bawah yang besar dan semakin ke atas semakin mengecil. Warna batangnya adalah coklat kotor.

  1. Deskripsi daun

Daunnya tipis menjangat, bentuk helaian daun bulat telur sungsang hingga lonjong dan berbulu pada tulang daun utamanya.

  1. Deskripsi bunga

Bunga  yang sempurna berukuran kecil dengan diameter maksimum 3 cm. Bunga dari Theobroma cacao merupakan bunga tunggal yang tampak terangkai karena umumnya sejumlah bunga muncul dari satu titik tunas.

  1. Deskripsi buah

Ukuran buah lebih besar dari bunganya, yang berbentuk bulat hingga memanjang. Buah terdiri dari 5 daun buah dan memiliki ruang yang di dalamnya terdapat biji. Warna buah Theobroma cacao ini ketika muda adalah hijau hingga ungu. Namun ketika telah masak, kulit luar buah biasanya berwarna kuning.

  1. Deskripsi biji

Bijinya berdaging dan berair dengan bentuk bulat telur yang berwarna coklat.. Bijinya terangkai pada plasenta yang tumbuh dari pangkal buah bagian dalam. Biji Theobroma cacao dilindungi oleh salut biji (aril) yang lunak dan berwarna putih yang umumnya disebut pulp.

  1. Manfaat

Biji dari Theobroma cacao ini berkhasiat sebagai obat wasir, pusing, tekanan darah rendah, obat cacing dan juga sebagai perangsang saraf.

3.      Kopi (Coffea arabica L.)

Kingdom Plantae

Divisio Magnoliophyta

Classis Magnoliopsida

Ordo Rubiales

Familia Rubiaceae

Genus Coffea

Species Coffea arabica L.

  1. Habitat

Umumnya berada di dataran tinggi di daerah tropis

  1. Habitus

Herba

  1. Deskripsi akar

pMerupakan akar tunggang dengan perakaran yang dangkal, dan oleh karenanya tanaman ini mudah mengalami kekeringan pada kemarau panjang.

  1. Deskripsi batang

Batang tanaman Coffea arabica berkayu, keras dan tegak berwarna putih keabu-abuan.

  1. Deskripsi daun

Daunnya bulat telur dengan ujung agak meruncing. Daun tumbuh berhadapan pada batang, cabang, dan ranting-rantingnya. Pertulangan daun menyirip.

  1. Deskripsi bunga

Bunga kopi berukuran kecil, dengan mahkota berwarna putih dan berbau harum semerbak. Kelopak bunga berwarna hijau, pangkalnya menutupi bakal buah yang mengandung dua bakal biji. Benangsarinya terdiri dari 5-7 tangkai yang berukuran pendek.

  1. Deskripsi buah

Buah terdiri dari daging buah dan biji. Daging buah terdiri atas 3 bagian lapisan kulit luar (eksokarp), lapisan daging (mesokarp), dan lapisan kulit tanduk (endokarp) yang tipis tetapi keras. Buah kopi umumnya mengandung dua butir biji. Kulit buah ketika muda berwarna hijau, dan ketika sudah tua akan berubah menjadi berwarna kuning dan kemudian merah.

  1. Deskripsi biji

Berbentuk bulat panjang yang terdiri atas kulit biji dan lembaga.

  1. Manfaat

Untuk menghindarkan diri dari serangan jantung, stroke dan kanker. Kopi juga dikonsumsi untuk mencegah penyakit Sirosis dan menghindarkan diri dari penyakit Parkinson.

4.      Asam Jawa (Tamarindus indica L.)

Kingdom Plantae

Divisio Magnoliophyta

Classis Magnolipsida

Ordo Fabales

Familia Fabaceae

Genus Tamarindus

Species Tamarindus indica L.

  1. Habitat

Tumbuh baik di daerah semi kering dan iklim muson basah, dapat tumbuh di kisaran tipe tanah yang luas. Dapat hidup di tempat bersuhu sampai 47°C, tapi sangat sensitif terhadap es. Umumnya tumbuh di daerah bercurah hujan 500 – 1.500 mm/tahun, bahkan tetap hidup pada curah hujan 350 mm jika diberi irigasi saat penanaman.

  1. Habitus

Herba.

  1. Deskripsi akar

akar tunggang (radix primaria) yang menembus ke dalam tanah.

  1. Deskripsi batang

Berbatang jelas, dengan batang yang biasanya keras dan kuat yang disebut dengan batang berkayu (lignosus). Bentuk batang bulat (teres), dengan pohon yang selalu tegak (fastigiatus.

  1. Deskripsi daun

Daun majemuk, yang lebih spesifik lagi merupakan daun majemuk menyirip genap karena saling berhadapan.. Duduk daun bergantian, daun majemuk dengan 8 – 18 pasang anak daun, panjang anak daun 1 – 3,5 cm.

  1. Deskripsi bunga

Bunga majemuk. Bunga termasuk bunga lengkap karena memiliki daun kelopak, daun mahkota, benang sari dan putik sebagai alat kelamin, dengan demikian juga disebut sebagai bunga hermaphrodite.

  1. Deskripsi buah

Merupakan buah polong yang tidak merekah ketika kering. Buahnya rapuh, dengan panjang 5 cm – 15 cm. Bentuk buah agak melengkung dan membungkus biji. Dalam setiap polong terdapat 1 – 10 biji yang dibungkus oleh daging buah yang lengket.

  1. Deskripsi biji

Panjang biji dapat mencapai 18 mm dan bentuknya tidak teratur. Umumnya berwarna kemerahan, coklat tua atau hitam berkilat dengan tekstur yang keras dan halus.

  1. Manfaat

Sebagai obat bisul, jerawat, gatal, nyeri haid, dan lain-lain.

5.      Sirsak (Annona muricata L.)

Kingdom Plantae

Divisio Magnoliophyta

Classis Magnoliopsida

Ordo Magnoliales

Familia Annonaceae

Genus Annona

Species Annona muricata L.

  1. Habitat

Berada pada daerah tropis

  1. Habitus

Herba

  1. Deskripsi akar

Berupa akar tunggang.

  1. Deskripsi batang

Berkayu dan berbatang keras.

  1. Deskripsi daun

Daun memanjang, bentuk lanset atau bulat telur terbalik, ujung meruncing pendek, seperti kulit, panjang 6-18 cm, tepi rata.

  1. Deskripsi bunga

Bunga berdiri sendiri berhadapan dengan daun dan baunya tidak enak. Daun kelopak kecil. Daun mahkota berdaging, 3 yang terluar hijau, kemudian kuning, panjang 3.5-5 cm, 3 yang terdalam bulat telur, kuning muda. Daun kelopak dan daun mahkota yang terluar pada kuncup tersusun seperti katup, daun mahkota terdalam secara genting. Dasar bunga cekung sekali. Benang sari banyak penghubung ruas sari di atas ruang sari melebar, menutup ruangnya, putih. Bakal buah banyak, bakal biji 1. Tangkai putik langsing, berambut kepala silindris.

  1. Deskripsi buah

Buah majemuk tidak beraturan, bentuk telur miring atau bengkok, 15-35 kali. Daging buah putih. termasuk buah semu, daging buah lunak dan empuk, berwarna putih, berserat, berbiji hitam pipih. Agak melengkung dan membungkus biji.

  1. Deskripsi biji

Biji dibungkus oleh daging buah yang lengket, yang umumnya dalam satu buah terdapat 1 – 10 biji. Panjang sampai 18 mm dengan bentuk tidak teratur. Berwarna kemerah – merahan, coklat tua atau hitam berkilat, dengan tekstur biji yang keras dan halus.

  1. Manfaat

Tanaman sirsak dapat digunakan sebagai bahan insektisida.

 

Categories: Materi-MateriQ | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: